11 July 2024

Ilustrasi: Freepik.com

Soal sejarah brutal gergaji mesin, bau komet, kutub magnet bumi yang terus bergerak, mati beneran karena tertawa, dan alat bernapas semut.

1. NGERI!! Gergaji mesin ternyata pertama kali ditemukan untuk kegiatan melahirkan. Gergaji mesin dikembangkan di Skotlandia pada akhir abad ke-18 untuk membantu dan mempercepat proses simfisiotomi (memperlebar tulang rawan kemaluan) dan pengangkatan tulang yang terinfeksi penyakit selama melahirkan. Baru pada awal abad ke-20, manusia mulai menggunakan gergaji mesin untuk menebang kayu.

2. Mau tahu BAU KOMET? Ternyata, baunya seperti telur busuk, urine, korek api yang terbakar, dan… kacang almond. Jejak hidrogen sulfida, amonia, sulfur dioksida, dan hidrogen sianida—sumber bau komet—ditemukan dalam susunan komet 67P/Churyumove-Gerasimenko. Untuk “mengenang” bau khas komet itu, kartu pos promosi dipesan pada 2016 dengan aroma komet yang menyengat.

BACA JUGA: 5 Fakta yang Bisa Saja Selama Ini Kamu Enggak Tahu (Bagian 3)


3. KUTUB-KUTUB BUMI ternyata sedang bergerak. Pembalikan kutub magnet di Kutub Utara dan Selatan ini telah terjadi 171 kali dalam 71 juta tahun terakhir. Pembalikan ini bisa saja terjadi dalam waktu dekat, karena Kutub Utara bergerak sekitar 55 kilometer per tahun, meningkat dari 15 km per tahun hingga tahun 1990.

4. Sering mendengar tagline “mati ketawa cara…”? Hati-hati, lo, Anda benar-benar bisa MATI KARENA TERTAWA. Dan banyak orang yang mengalaminya. Biasanya karena seseorang tertawa terlalu keras hingga menyebabkan serangan jantung atau sesak napas. Jadi, acara komedi harus disertai peringatan ini: Jangan tertawa keras-keras, Anda bisa mati tertawa! Alias mati beneran

5. SEMUT tidak memiliki paru-paru. Mereka bernapas melalui spirakel, sembilan atau sepuluh lubang kecil, tergantung spesiesnya.

(S. Maduprojo, Sumber rujukan: Sciencefocus.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *