11 July 2024

Ilustrasi virus: Freepik.com

Soal hippopotomonstrosesquippedaliophobia, ayam tanpa kepala mampu hidup 18 bulan, panjang bakteri di muka bumi, efek pemakaian dasi, dan anjing tertua di dunia.

1. Ketakutan terhadap kata-kata panjang disebut hippopotomonstrosesquippedaliophobia. Susah, ya, melafalkannya? Sesqui dalam bahasa Latin berarti satu setengah, dan frasa “sesquipedalia verba” telah digunakan sejak abad pertama SM oleh penyair Romawi, Horace, untuk mengkritik penulis yang menggunakan kata-kata yang “panjangnya satu setengah kaki”.

2. Seekor ayam pernah hidup selama 18 bulan tanpa kepala! Prestasi luar biasa si Mike—begitu ayam tersebut dinamai—ini tercatat pada 1940-an di Amerika Serikat. Ia bertahan hidup karena urat lehernya dan sebagian besar batang otaknya masih utuh, memastikan fungsi otak yang tersisa untuk bertahan hidup. Dalam sebagian besar kasus, ayam tanpa kepala akan mati dalam hitungan menit.

3. Pengin tahu jumlah bakteri yang ada di dunia? Semua bakteri di dunia jika ditumpuk satu sama lain akan membentang sejauh 10 miliar tahun cahaya. Ditambah mikroba yang panjangnya 0,001 mm, kedua organisme itu dapat melilit Bimasakti—galaksi tempat bumi berada yang tampak seperti lajur cahaya di langit—lebih dari 20 ribu kali.

BACA JUGA: 5 Fakta yang Bisa Saja Selama Ini Kamu Enggak Tahu (Bagian 2)


4.
Ternyata mengenakan dasi dapat mengurangi aliran darah ke otak, lo… Sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa pemakaian dasi dapat mengurangi aliran darah ke otak hingga 7,5 persen, yang dapat membuat Anda merasa pusing, mual, dan sakit kepala. Dasi juga dapat meningkatkan tekanan pada mata jika dipakai terlalu ketat dan sangat mudah membawa kuman.

5. Anjing tertua di dunia hidup hingga usia 29,5 tahun. Meskipun usia rata-rata seekor anjing biasanya 10-15 tahun, seekor anjing penggembala sapi Australia bernama Bluey mampu bertahan hidup hingga usia 29,5 tahun.

(S. Maduprojo, sumber rujukan diolah dari Sciencefocus.com)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *