11 July 2024
Dahsyatnya Logo-Sound (Foto: Freepik)

Dahsyatnya Logo-Sound (Foto: Freepik)

Mungkin sebelumnya, Anda hanya familiar, bahwa logo itu bentuknya visual saja, yaitu Logo-type (logo format tipografi, seperti tulisan McDonald’s) atau Logo-mark (logo dalam bentuk visual ikon seperti Golden Arches kalau di McDonald’s).

Anda tentu tidak sendirian, karena masih banyak orang berpikir seperti itu. Padahal, sesungguhnya, logo sebagai bagian dari identitas brand, juga bisa dilesapkan lewat jalur indra lain manusia selain visual. Bisa melalui audio (pendengaran), olfactory (penciuman), gustatory (pencerapan), dan kinestetik (sentuhan).

Dalam konteks menancapkan brand lewat indra audio manusia, betapa penting brand Anda punya identitas audio yang kuat. Mari sekarang kita sebut identitas audio ini dengan istilah Logo-sound, atau Logo-audio, yang kekuatannya setara dengan Logo-type atau Logo-mark. Ada juga yang menyebut Logo-sound ini sebagai End Tune. Istilah End-Tune ini muncul karena di dalam eksekusi komunikasi, biasanya Logo-sound ini dihadirkan sebagai signature. Di akhir, bersamaan dengan Logo-type dan Logo-mark brand.

Kekuatan Audio

Logo-sound adalah nada unik dan atau vokal tertentu yang merepresentasikan identitas serta value sebuah brand.

Menurut Mamfred Zimmermann, indra auditori manusia bisa menyerap 100.000 bit informasi perdetik, dan menerabaskannya langsung ke pikiran bawah sadar manusia.

Dengan fakta seperti ini, bayangkan, ketika nada unik brand Anda diperdengarkan berulang kali, maka, kapan dan di mana pun audiens mendengarnya, mereka akan memunculkan gambaran mental tentang brand Anda. Tentu lengkap dengan value/emosinya.

Nada/suara tersebut menjadi anchor, alias jangkar pemicu emosi bagi audiens brand Anda.

Tentu, proses penciptaannya harus dengan cara menggali dulu dengan tepat, value semacam apa yang ingin Anda hadirkan untuk audiens Anda.

Paket BUM

Sekarang Anda sudah menyadari betapa dahsyat dan betapa pentingnya kekuatan Logo-sound ini. Dan saat ini, khusus untuk pemilik brand lokal, lewat projek Paket BUM, Asep Herna, seorang konsultan brand dan creative director, siap membantu Anda untuk menciptakannya.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun mengelola brand campaign, nasional maupun multinasional, Asep Herna siap membedah value brand Anda, merumuskan tagline-nya bila belum punya, sekaligus membuatkan Logo-sound yang akan menjadi signature brand Anda. “Kalau perlu, di Paket BUM sekalian akan dibuatkan musik jingle-nya secara utuh,” kata Asep Herna.

Di Paket BUM, Asep Herna dibantu oleh award winner team kreatif dan music director muda, yang berpengalaman menciptakan jingle serta audio identity berbagai brand. Dan semua didedikasikan khusus untuk mem-backup brand lokal skala UMKM yang berkeinginan menjadi besar. “Jadi, soal budget, bukan lagi soal ya,” kata Asep Herna, yang merasa perlu untuk menyebut hematnya budget karena masih banyak yang merasa khawatir budgetnya mahal.

Silakan manfaatkan kesempatan ini. Cari info lebih detailnya di sini.

(Redaksi CK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *