Ilustrasi: Freepik.com

Mengutip dari situs web Psychologytoday.com, drama queen alias ratu drama adalah istilah yang menggambarkan tipe orang yang kehidupannya selalu terlibat dalam “drama”.

Para drama queen mengalami hidup seakan-akan rollercoaster, jungkat-jungkit. Tipe kepribadian ini cenderung negatif. Seorang ratu drama menganggap dirinya harus selalu menjadi pusat perhatian. Dan untuk menjadi pusat perhatian, banyak sekali “drama” yang mesti dilakoni, yang biasanya menyulitkan orang lain. Istilah drama queen biasanya ditujukan untuk wanita yang mempunyai karakter seperti ini. Sedangkan untuk pria sebutannya adalah drama king. Menurut rujukan lainnya, istilah drama queen—kadang-kadang disebut “drama llama” pada era 1990-an—berarti orang yang histrionik, yakni cenderung berperilaku dengan cara emosional berlebihan dan tidak perlu, terutama untuk hal-hal kecil.

Tapi, omong-omong, dari mana awal mula istilah ratu drama ini? Frasa drama queen berasal dari kata “drama” dalam bahasa Yunani yang bermakna aksi atau lakon dan bahasa Inggris kuno “cwen” yang bermakna perempuan atau ratu. Banyak literatur yang menyebutkan istilah drama queen awalnya digunakan pada 1923 tanpa menyebutkan sumbernya.

Nah, majalah arsitektur Amerika House & Garden, volume 44, halaman 58, 1923, yang diterbitkan Condé Nast Publications, menulis artikel berjudul “The Chances for Father”, yang di dalamnya menyebut istilah drama queen untuk menggambarkan orang yang menjadi pemarah, cemberut, kesal, dan akhirnya merasa bahwa dia gagal. Berikut ini petikan artikel tersebut: ”If he is thwarted in his effort to enjoy them, he may either go to the dogs or the drama queens, become short-tempered, sullen, grouchy and eventually feel that, in a way he is a failure.”

Baca Juga: Mau Kreatif atau Malas Mikir?


Dalam bahasa Inggris standar, istilah “tragedy queen” sebenarnya sudah digunakan sejak abad ke-18, dengan makna seperti dimuat dalam artikel House & Garden tersebut.

Jadi, mulai ngeh kan asal-muasal istilah ini? Mulai mereka-reka juga kan siapa-siapa warga 062- yang sering berperilaku bak drama queen? Kabur, ah….

(S. Maduprojo; rujukan dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published.