Foto: Amazon.com

“Knockin’ on Heaven’s Door” yang dinyanyikan oleh Bob Dylan merupakan salah satu lagu terpopuler sepanjang masa.

Lagu ikonik ini telah di-cover oleh banyak musisi. Pada 1975, penyanyi Jamaica, Arthur Louis, diiringi gitaris Eric Clapton, menyanyikan ulang “Knockin’ on Heaven’s Door”. Lagu cover itu diaransemen dalam gaya reggae. Eric Clapton kemudian merekam sendiri versi reggae lagu itu. Lalu kelompok musik rock Guns N’ Roses memasukkan lagu ini dalam album Use Your Illusion II yang dirilis pada 1991.

Sebuah versi khusus lagu ini direkam oleh Ted Christopher, seorang musisi Skotlandia, dengan sebuah versi baru yang ditambahkan. Anak-anak dari Dunblane menyanyikan bagian korusnya. Christopher mendedikasikan cover lagu ini untuk memperingati siswa dan guru Dunblane Primary School yang terbunuh dalam pembantaian di Dunblane pada 13 Maret 1996—pelaku Thomas Hamilton menembaki siswa-siswa di Dunblane Primary Scholl, menewaskan 16 siswa dan seorang guru serta melukai 15 lainnya, sebelum Hamilton bunuh diri. Lagu ini menduduki tangga pertama di UK Singles Charts dan Scottish Singles Chart pada 1996. Semua hasil penjualan lagu ini disumbangkan ke badan amal untuk anak-anak. Lantas versi lain “Knockin’ on Heaven’s Door” direkam oleh Warren Zevon untuk albumnya pada 2003, The Wind. Dia menderita kanker paru-paru ketika dia merekam lagu itu dan meninggal tak lama setelah perilisan album.

Pada Oktober 2007, sebanyak 1.730 gitaris berkumpul Shillong, India, untuk memetik “Knockin’ on Heaven’s Door” selama lima menit, membuat rekor dunia untuk ensambel gitar terbesar yang pernah ada.

Soundtrack Film “Pat Garrett and Billy the Kid”

“Knockin’ on Heaven’s Door” ditulis dan dinyanyikan pertama kali oleh Bob Dylan untuk soundtrack film Pat Garrett and Billy the Kid pada 1973. Sukses menjadi lagu populer di masa itu, “Knockin’ on Heaven’s Door” masuk daftar lagu Top 100 Western sepanjang masa yang disusun oleh The Western Writers of America. Lagu tersebut juga menjadi salah satu komposisi terpopuler Dylan pasca-1960-an.

Kalau kalian pernah menonton Pat Garrett and Billy The Kid, lagu “Knockin’ on Heaven’s Door” diputar saat serif Colin Baker, sekutu Pat, terluka parah dalam baku tembak dengan Billy the Kid dan gengnya. Serif berada di tepi sungai bersama istrinya. Sang istri terlihat mendekati Serif sembari menangis. Namun adegan langsung berganti setelah lagu “Knockin’ on Heaven’s Door” menghilang secara perlahan.

Sampul album soundtrack “Knockin’ on Heaven’s Door” dirancang oleh John Van Hamersveld, menampilkan font bergaya tradisional dengan latar belakang putih dalam nada sepia. Sampul belakang menampilkan adegan dari film Pat Garrett and Billy The Kid, di mana Billy the Kid berlutut dan Pat menodongkan pistol ke dadanya.

Lirik yang Muram

Ada yang mengatakan ”Knockin on Heaven’s Door” tercipta sebagai bentuk protes Bob Dylan terhadap kebijakan pemerintah Amerika Serikat dalam perang di Vietnam. Bob Dylan berusaha menyampaikan simpati dan empati terhadap para prajurit perang Amerika yang mati dalam perang Vietnam. Seperti diketahui, Perang Vietnam terjadi pada 1957 dan 1975, antara dua kubu ideologi besar: komunis dan SEATO atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara. Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara). Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru, dan Filipina bersekutu dengan Vietnam Selatan. Sedangkan Uni Soviet, Cina, Korea Utara, Mongolia, dan Kuba mendukung Vietnam Utara. Sekitar 1.300.000 orang menjadi korban perang ini, termasuk para prajurit Amerika.

Baca Juga: 7 Peraih Nobel Sastra dari Asia dan Kenapa Tak Pernah Mampir ke Pram


Versi lain mengisahkan, dalam wawancara pada 2008 dengan Arthur Magazine, penulis skenario film Rudy Wurlitzer mengatakan, “Bob menulis film score—lagu untuk sebuah filmdi Mexico City”. Dia melanjutkan, “Tapi, sebelum itu, suatu malam, ketika kami kembali ke Durango dari Mexico City—saya lupa mengapa kami berada di sana—Bob mengatakan ingin menulis sesuatu untuk adegan kematian Slim Pickens, yang akan ditembak. Hari berikutnya, Bob mencoret-coret sesuatu di pesawat dan menunjukkannya kepada saya baris demi baris. Ketika kami turun dari pesawat, ada tulisan ‘Knockin’ On Heaven’s Door’.”

Bagaimanapun, versi cover paling terkenal dari “Knockin’ on Heaven’s Door” adalah yang dibawakan oleh Guns N’ Roses, sampai-sampai banyak orang tidak sadar bahwa lagu ini milik Bob Dylan. Rekaman versi Guns N’ Roses tersebut digunakan untuk soundtrack film Days of Thunder pada 1990 dan sukses menjadi hit di berbagai negara. Sebenarnya “Knockin’ on Heaven’s Door” sudah dibawakan Guns N’ Roses dalam sejumlah pertunjukan live mereka pada 1987. Pada tahun itu pula, ada peristiwa perkelahian antara Axl Rose dan wakil serif di luar klub Cathouse di Los Angeles. Akibat kejadian ini, Axl harus dirawat di rumah sakit untuk beberapa hari.

Ada sebuah analisis menarik kenapa Guns N’ Roses meng-cover lagu “Knockin’ on Heaven’s Door” ini. Bagi Axl Rose, frontman kelompok musik ini, “Knockin’ on Heaven’s Door” adalah gambaran masa kelamnya dulu. Axl tumbuh di Indiana dengan keluarga yang bermasalah. Masa kecilnya dipenuhi kejadian memilukan, seperti perlakuan buruk ayah tirinya kepada ibu dan saudara perempuannya. Axl remaja juga bebrapa kali mendekam di jeruji sel penjara. Pada 1985, misalnya, Axl pernah diperkarakan karena tuduhan pemerkosaan terhadap gadis berusia 15-an tahun di sebuah pesta. Pada 1990-an, Axl juga disangka menganiaya istrinya.Dengan menyanyikan lagu ini, Axl seperti mengekspresikan pengalaman masa kecilnya dengan keluarga yang berantakan. Dia mengalami kekecewaan dan keputusasaan yang mendalam. Axl seperti ingin berbagi cerita kepada anak muda lainnya, di mana banyak di antara mereka, pada rentang usia 10-19 tahun, melakukan bunuh diri, dan sebagian menggunakan senjata api. Penyebabnya, antara lain, masalah keluarga, cinta, depresi/gila, serta pengaruh alkohol/narkoba. Inilah salah satu alasan terkuat mengapa Axl memilih dua lagu cover yang bertema kematian dalam album Use Your Illusion, yakni lagu Paul McCartney “Live and Let Die” serta “Knockin’ on Heaven’s Door”.

Lirik lagu “Knockin’ on Heaven’s Door” memang cenderung muram dan gelap, menyentuh konsep hidup dan mati, serta banyak diterjemahkan oleh lintas generasi.

Inilah lirik lagu “Knockin’ on Heaven’s Door”:

Mama, take this badge off of me
I can’t use it anymore
It’s gettin’ dark, too dark to see
I feel like I’m knockin’ on heaven’s door

Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door

Mama, put my guns in the ground
I can’t shoot them anymore
That long black cloud is comin’ down
I feel like I’m knockin’ on heaven’s door

Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door
Knock, knock, knockin’ on heaven’s door

(S. Maduprojo, bahan rujukan: Faroutmagazine.co.uk; Thesound.co.nz; Ultimate-guitar.com, dan sumber lainnya)

Leave a Reply

Your email address will not be published.